Kunjungan Museum oleh Siswa-siswi SD Negeri Sukoharjo

Rabu, 05 Oktober 2020 Dinas Kabupaten Sleman mengajak siswa-siswi SD Negeri Sukoharjo, Ngaglik, Sleman untuk melakukan kunjungan WKM (Wajib Kunjung Museum). Dalam acara WKM ini salah satu destinasi yang telah dikunjungi oleh siswa-siswi SD Negeri Sukoharjo yaitu Museum Gunungapi Merapi (MGM).

Museum Gunungapi Merapi sendiri merupakan museum bersejarah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian khususnya dan kebencanaan geologi lainnya, yang bersifat rekreatif-edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunungapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya.

Siswa-siswi sekolah tampak sangat antusias dalam menelusuri setiap ruangan, hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan dari siswa-siswi siswa-siswi SD Negeri Sukoharjo kepada pendamping dan pemandu yang berada di destinasi tersebut. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana edukasi pendidikan generasi penerus sekaligus generasi muda agar lebih mencintai museum sejak dini. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan wawasan dan kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya dan dapat turut serta melestarikan warisan budaya, selain itu juga dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap museum dan menumbuhkan minat para pelajar untuk berkunjung ke museum. (dv)